Lompat ke isi utama

Berita

48 Panwascam Resmi dilantik, Amin: Jaga Netralitas sebagai Seorang Pengawas

SEMARANG-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang  melantik 48 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2020, di Hotel Pandanaran, Senin (23/12/2019).

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin mengatakan, Panwascam harus menjaga netralitas sebagai seorang pengawas.

Ia pun berpesan agar mereka bisa menjaga jarak dengan tim sukses pasangan calon.

"Di dalam kode etik ada aturannya, untuk bisa menahan diri menjaga sikap dengan tim sukses.

Ini bukan berarti menjauh, tapi semisal ada timses atau orang yang bukan ranah kerja ngajak ngopi bareng sebisa mungkin menjaga jarak dulu," paparnya.

Seorang Panwascam, sebut Amin, harus menjunjung netralitas agar Pilwakot 2020 nanti bisa berjalan lancar dan tidak ada laporan adanya Panwascam yang tidak mengindahkan kode etik.

"tentu ada sanksi kalau panwascam melanggar kode etik.

Bisa saja nanti dikenai sanksi oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Tapi, kami pasti klarifikasi dulu dan mengkajinya secara obyektif," ucapnya.

Komposisi anggota Panwascam yang baru saja dilantik ini menurut Amin, 58 persen merupakan pendatang baru.  Sisanya merupakan incumbent yang terpilih lagi karena kinerja dan integritasnya dinilai baik.

Karena itu, Amin meminta kepada para pengawas yang belum pernah terjun untuk belajar dan menguasai regulasi terkait pemilihan umum.

Untuk mempercepat peningkatan kapasitas mereka,  Bawaslu kota Semarang  berencana melakukan bimbingan teknis dan supervisi agar para panwascam bisa memperdalam pengetahuan mereka terkait pengawasan dan penindakan pemilu serta mengintensifkan rapat koordinasi ditiap tahapan.

"harapan kami  agar teman-teman yang baru bisa mengejar yang lama," terang Amin.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, turut hadir menyaksikan pelantikan 48 panwascam.

Meski saat ini baru tahapan pencalonan perseorangan, ia berpesan agar Panwascam mulai tancap gas melakukan persiapan pengawasan.

"Mumpung waktunya masih lama, harus belajar mengenal medan dan karakter wilayah masing-masing. Saya harap teman-teman mulai bergerak dan belajar,"katanya

[caption id="attachment_1220" align="aligncenter" width="717"] Perwakilan Panwas Kacamatan menandatangani Sumpah/Janji, Senin, 23 Desember 2019/ Foto : Permadi[/caption] Editor : Humas Bawaslu Kota Semarang
Tag
Berita