Lompat ke isi utama

Berita

AKADEMISI USM DAN PIMRED TRIBUNJATENG : Bawaslu Aktif dan Agresif dalam penyelenggaraan Pemilu 2019

Bawaslukotasemarang, SEMARANG-Akdemisi Universitas Semarang (USM) Dr. Djunaedi dan Pimpinan Redaksi Tribun Jateng Cecep Burdansyah memberikan penilaian terhadap hasil pengawasan pemilu 2019 yang disampaikan dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Hasil Pengawasan Bawaslu Kota Semarang pada Pemilu 2019 dengan Sejumlah Stakeholder di Hotel Metro, Selasa (10/9/2019).

Akademisi Universitas Semarang, Dr. Muhammad Junaedi mengatakan, indikator kesuksesan Pemilu dapat dilihat dari sengketa yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dari sejumlah kasus pelanggaran yang diselesaikan oleh Bawaslu Kota Semarang, tidak ada sengketa yang dibawa ke Mahkamah Konstitusi, Ini keberhasilannya”, paparnya.

Indikator kesuksesan lain, dilihat jika diantara Komisoner Bawaslu tidak melakukan pelanggaran kode etik. Jika tidak ada pelanggaran kode etik, maka Bawaslu berhasil dalam menjalan tugas, fungsi, dan kewajiban”, lanjutnya

Lebih lanjut, dia menuturkan, penanganan pelanggaran selama proses tahapan Pemilu 2019 lalu Bawaslu sangat aktif dan agresif.

Dari total 45 kasus, sebanyak 35 diantaranya merupakan temuan Bawaslu, sisanya dari laporan masyarakat.

Hal ini menunjukan bahwa Bawaslu Kota Semarang aktif untuk menggali kewenangannya dan menjalankan fungsi dan perannya sebagaimana diatur sesuai UU Nomor 7 tahun 2017.

Sementara itu, Cecep Burdansyah selaku Pimpinan Redaksi Tribun Jateng, mengatakan bahwa Bawaslu Kota Semarang merupakan lembaga demokrasi. Artinya, integritas menjadi harga mati bagi terlaksanakannya pesta demokrasi.Sedangkan pers, sebagai mitra Bawaslu yang turut mengontrol kinerja lembaga demokrasi

"Saya melihat Bawaslu Kota Semarang sudah melakukan proses tahapan pemilu secara baik, dalam penanganan pelanggaran juga sangat agresif, termasuk soal tidak memunculkan perasaan pekewuh terhadap tokoh-tokoh politik dalam proses mengklarifikasi kasus. artinya, mereka sudah melakukan kontrol yang lumayan sehat," tutur Cecep.

Lebih lanjut, Cecep menuturkan, media merasa terbantu dengan kinerja Bawaslu Kota Semarang.

“Bawaslu Kota Semarang telah menginformasikan tahapan-tahapan Pemilu secara bagus dan atif hingga pelantikan Presiden dan Wakil presiden maupun pelantikan DPRD, semua informasi tentang penyelenggaraan pemilu di Kota Semarang bisa tersampaikan kepada publik”, tutupnya *(bp)

Editor : Humas Bawaslu Kota Semarang
Tag
Berita