Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Keluarkan Rekomendasi 1 Pendaftar dan 5 Himbauan Pendaftar PPK

SEMARANG- Tahapan pengawasan perekrutan badan adhoc KPU,  Bawaslu Kota Semarang melakukan rekomendasi calon pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) karena dugaan kuat pengurus partai.  Hal itu disampaikan Koordinator divisi Pengawasan Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti disela-sela rapat program pengawasan partisipasif,  Rabu, 5/2/2020.

Rekomendasi, lanjut Nining, disampaikan kepada KPU Kota Semarang tanggal 3 kemarin, terkait dengan adanya dugaan kuat pengurus partai calon anggota PPK Pilwakot 2020.

"Berdasarkan hasil pengawasan kami dan jajaran bahwa yang bersangkutan,  diduga kuat terindikasi pengurus partai politik dan bukti-bukti nama yang bersangkutan tercantum dalam SK pengurus sebuah partai politik pada tahun 2018 ” ujar Nining.

“Bawaslu berharap agar KPU kota Semarang bisa menindaklanjuti temuan tersebut,”jelas Nining

Selain rekomendasi, Bawaslu juga mengirimkan himbauan kepada 5 nama pendaftar lainnya yang diduga melanggar ketentuan yang lain sebagaimana ketentuan KPU dalam hal persyaratan.

Sementara menurut Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Naya Amin Zaini, hasil laporan pengawasan sudah dikaji dan melakukan proses penelusuran untuk mendapatkan bukti-bukti pelengkap dalam melakukan rekomendasi dan himbauan

 "Hasil Kajian terindikasi merupakan tim sukses pada pemilu 2019 dan pendaftar lainnya pernah mendapat surat peringatan keras baik dari KPU maupun Bawaslu Kota Semarang pada pemilu sebelumnya," ungkap, Naya

Himbauan ini, menurut Naya merupakan bentuk pencegahan pada tahapan perekrutan badan Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan Pilwakot 2020 kota Semarang untuk menjadi bahan pertimbangan agar terpilih PPK yang berintegritas dan profesional.

"harapan kami sebagai pengawas agar calon-calon PPK terpilih betul-betul memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku,  agar nanti dapat benar-benar mendapatkan penyelenggara yang berintergitas sesuai aturan yang ada, "tutup Naya.

Editor : Humas Bawaslu Kota Semarang
Tag
Berita