Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KOTA SEMARANG ADAKAN PARADE SENI DENGAN DISABILITAS DI RRI JATENG

SEMARANG -  Parade Seni dengan Disabilitas dalam rangka memeriahkan acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif oleh Bawaslu Kota Semarang di halaman RRI Jawa tengah  (4/3). Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi kepada penyandang disabilitas untuk turut serta dalam mengawasi Pemilu 2019.

"Kami harap penyandang Disabilitas bisa melaporkan dugaan pelanggaran pemilu yang ada diwilayahnya khususnya jika ada praktek money politik yang diberikan oleh kelompok-kelompok tertentu". Ujar  Arief Rahman komisioner Bawaslu kota semarang.

Lebih lanjut Arief menambahkan pemilih disabilitas mendapatkan fasilitas yang ramah difabel khusus oleh penyelanggara Pemilu " untuk pendamping penyandang disabilitas ketika di TPS besok tanggal 17 April 2019 jangan sampai mengarahkan untuk mencoblos calon A atau Calon B, biarkan mereka memilih sendiri. Karena jika ada pihak-pihak tertentu yang mengarahkan itu merupakan tindakan pidana" ujarnya

Terkait fasilitas yang harus diberikan kepada penyandang disabilitas. Novi maria ulfa Komisoner KPU Kota Semarang yang turut hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa, disetiap TPS Kpu sudah menyediakan pendamping bagi penyandang disabilitas " Kita berikan tempat TPS khusus yang mudah bagi penyandang Disabilitas, kita juga memberikan Braille Huruf untuk memudahkan membaca nama calon peserta pimilu 2019 agar dapat memilih sesuai hati nurani kawan-kawan Disabilitas.

Acara Sosialisasi Partisipatif yang dimeriah oleh Sahabat Mata Semarang dan KSD (Komunitas Sahabat Disabelitas) Campursari Semarang ditutup deklarasi anti money politik dan dengan menyanyikan lagu Disabel Untuk Indonesia.

Laporan : Bangkit Permadi, S.H.

Editor : Nining Susanti, S.Sos.i

Tag
Berita