Lompat ke isi utama

Berita

Identifikasi Pelaku pelanggaran Pemilu Selama Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 Di Kota Semarang

Peserta pemilu sangat berpotensi melakukan penyelewengan maupun tindakan yang bertentangan dengan aturan hukum kepemiluan dalam proses pelaksanaan Pemilu sesuai dengan tahapannya. Tugas Bawaslu Kota Semarang adalah memberikan pemahaman serta proses preventif jika ada potensi pelanggaran Pemilu diwilayah Kota Semarang. Jika tidak diindahkan, maka Bawaslu akan melakukan represif (tindak) secara tegas dan adil, sesuai ketentuan berlaku.

Selama tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019 diwilayah Kota Semarang ini, Bawaslu Kota Semarang sudah melakukan pendataan maupun proses pengarsipan dan penggolongan dari berbagai macam penangan pelanggaran pemilu diwilayah Kota Semarang dari seluruh tahapan penyelenggaran Pemilu tahun 2019. Hal ini sebagai mekanisme untuk menunjukkan data secara kuantitatif (bilangan) maupun secara kualitatif (proses) penanganannya. Kedua data tersebut menjadi bagian dari komplementer (pelengkap) satu dengan lainnya.

Dari data yang sudah dihimpun oleh Bawaslu Kota Semarang, dikaitkan dengan berbagai unsur peserta pemilu, Bawaslu Kota Semarang melakukan identifikasi bahwa kecenderungan paling banyak sebagai terlapor dalam temuan dugaan pelanggaran pemilu di wialayah Kota Semarang yaitu peserta pemilu dari unsur Caleg PDI-P atas nama Trifena Wiyatin, dengan jumlah pelanggaran mencapai 2 (Dua) Data tersebut merupakan data final yang sudah disinkronisasi kepada jajaran ditingkat bawah serta sudah dilaporkan kepada jajaran Bawaslu ditingkat Provinsi Jawa Tengah. Secara aktor (subyek hukum) yang dilakukan oleh pelanggar pada tingkatan kota semarang. Namun secara tahapan yang banyak terjadi melanggar adalah tahapan kampanye. Kemudian pihak aktor (subyek) yang banyak terjadi berdasarkan kualifikasi adalah pelaksana kampanye banyak terjadi pelanggaran. Pelaksana kampanye didalamnya meliputi calon legislatif (caleg), tim sukses, juru kampanye, orang – per orang, badan hukum (organisasi).

  [pdf-embedder url="/sites/semarangkota/files/uploads/2019/09/Pelaku-Pelanggaran-Pemilu-Selama-Penyelenggaraan-Pemilu-Tahun-2019-Di-Kota-Semarang-Upload-Web.pdf" title="Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019"] Download : Pelaku pelanggaran Pemilu Tahun 2019 Di Kota Semarang
Tag
Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019