Lompat ke isi utama

Berita

Launching Kelurahan Pengawasan, Bawaslu Gandeng Kesenian Daerah

SEMARANG-Sabtu siang 9 November 2019, langit nampak terlihat lesu, matahari sudah tenggelam tertutup awan hitam sebagai pertanda hujan akan segera turun. Semua jajaran Komisoner dan Skretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang berdoa, siramilah bumi ini sekarang, agar nanti malam, bintang bertaburan di langit Waduk Jatibarang.

Doa itu terhijabah, Pukul 16.00 WIB. hujan sudah reda, semua jajaran sekretariat berbondong-bondong menyiapkan tempat dan segala macam peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan Lounching Kelurahan Pegawasan pukul 19.00 WIB. yang dilaksanakan di Wisata Waduk Jatibarang Kelurahan Kandri.

Bawaslu Kota Semarang melakukan Launching Kelurahan Pengawasan dengan di meriahkan kesenian daerah yang ada di kelurahan Kandri, kelurahan mangkang wetan dan kelurahan Tandang.

Kandri hadir dengan menampilkan Tari Rancak Bhineka, Tandang hadir dengan menampilkan Seni Pencak Silat dan Klotekannya dan Mangkang Wetan hadir dengan menampilkan kesenian jaranan serta Seni Barongannya memeriahkan kegiatan Lounching Kelurahan Pengawasan yang di gagas oleh Bawaslu Kota Semarang.

Acara yang dikonsep jagongan di pinggir wisata Waduk Jatibarang di hadiri oleh lurah Kandri, lurah Mangkang Wetan, Lurah Tandang, Danramil Kecamatan Gunungpati dan perwakilan kecamatan Gunungpati.

Bawaslu Kota Semarang menempuh perjalanan yang panjang dalam proses pembentukan kelurahan pengawasan, dari mulai koordinasi awal dengan pemangku wilayah hingga proses pembinaan di tiga kelurahan Pengawasan. Semua proses ini diabadikan dalam bentuk video dengan visualisasi yang menarik dan diputarkan pada acara dimalam itu.

Acara launcing merupakan simbol bahwa pembentukan kelurahan pengawasan di 3 kelurahan tersebut telah resmi dan diharapkan masyarakat di kelurahan pengawasan akan berperan aktif dalam melakukan pengawasan di tahapan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Semarang pada 2020 mendatang.

Nining Susanti, Koordinator Divisi Pengawasan menyampaikan bahwa kelurahan pengawasan ini penting sebagai partner kerja Bawaslu Kota Semarang dalam mengawasi jalanya Pilwakot 2020 mendatang.

“lahirnya kelurahan pengawasan sebagai langkah progesif Bawaslu untuk menggerakkan masyarakat aktif bersama-sama mengawasi dan berani melaporkan pelanggaran yang mungkin terjadi di Pilwakot”, tuturnya

Nining juga mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada para pemangku kebijatan setempat yang secara penuh mendukung kegiatan kelurahan pengawasan dari awal proses kordinasi, pembinaan hingga di laksanakanya launching.

"kita harapkan program ini akan berkelanjutan,  untuk bentuk kegiatannya kita masih menunggu kebijakan dari Bawaslu propinsi Jawa tengah ",ujarnya.

 

Editor : Humas Bawaslu Kota Semarang

Tag
Berita