Lompat ke isi utama

Berita

PILKADA VS COVID-19 (Buletin Edisi-III Bawaslu Kota Semarang)

Pasca penundaan tahapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, pada tahapan verifikasi administrasi, verifikasi faktual terhadap syarat dukungan calon perseorangan, penundaan terhadap pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pemutahiran Data dan Daftar Pemilih dan Pembentukan Petugas Pemutahiran Daftar Pemilih (PPDP). Dari tahapan-tahapan yang ditunda, tentu juga berimbas pada pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Semarang sampai Panwaslu Kelurahan.

Karena prinsip-prinsip pengawasan mengikuti tahapan yang dijalankan. Setelah KPU melakukan penundaan tahapan, Bawaslu Republik Indonesia juga menunda masa kerja badan Adhoc sampai tingkat kelurahan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Sambil menunggu keluarnya aturan baru yang mengatur atau pilihan lain setelah dinyatakan “aman” dari wabah Pandemik Covid-19 yang melanda Indonesia secara umum dan Kota semarang secara khusus.

Dalam edisi ke-3 kali ini, kami mencoba mengulas apa yang sudah dikerjakan dan diawasi selama proses awal tahapan, kegiatan dalam peningkatan kapasitas dan juga pengawasan pada perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan sampai pengawasan PPS, juga bagaimana proses penangan pelanggaran yang sudah di rekomendasika kepada KPU.

Lalu teropong yang menyoroti tahapan serta sosialisasi kepada kelompok sasaran dan bagaimana proses pencegahan dalam menjalankan pengawasan. Selain itu, juga memotret bagaimana penyelesaian sengketa proses dalam Pilkada 2020. Tidak kalah pentingnya adalah mengulas peningkatan kapasitas bagi Panwaslu Kecamatan dan Kelurahan yang disajikan secara apik dan ringkas.

Lalu apa tugas-tugas Bawaslu paska dilakukan penundaan tahapan? Banyak hal seperti tetap melakukan pencermatan terhadap data pemilih, melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan juga melakukan kerja-kerja sosial seperti donor darah,membagikan masker kepada masyarakat dan menyoroti media sosialisasi oleh Bawaslu, membaca sekolah kader pengawasan yang merupakan program dari Bawaslu secara berjenjang dengan melibatkan masyarakat secara lanngsung.

Semoga di edisi ke 3 akan lebih banyak memberikan informasi yang mencerahkan kepada kita dan juga berharap agar bangsa ini diberikan kesabaran dalam menjalani ujian wabah yang melanda bangsa kita. Akhirnya harapan besar semoga musibah segera hilang dan kembali menjalankan akitivitas seperti sedia kala. Selamat jalan kepada para Dokter sebagai pahlawan yang telah gugur menjalan tugas dalam membantu pasien yang positif terpapar Covid-19, semoga damai dan mendapatka tempat yang layak disisi-NYa.

Selamat membaca...

Salam, Awas!!! [pdf-embedder url="/sites/semarangkota/files/uploads/2020/07/Buletin-3-BAWASLU-KOTA-SEMARANG-Pilkada-vs-Covid19.pdf" title="Buletin Bawaslu Kota Semarang"] Download, KLIK DISINI;
Tag
BULETIN BAWASLU KOTA SEMARANG