Lompat ke isi utama

Berita

Sekjen Bawaslu dan Wakil Ketua Komisi II Ajak Perempuan Awasi Pilkada 2020

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro mengajak kaum perempuan di tanah air baik perseorangan maupun lembaga turut serta mengawasi gelaran Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah. Hal senada diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Nihayatul Wafiroh.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Konsolidasi Nasional Perempuan Pengawas Pemilu Se-Indonesia yang dihadiri 500-an pengawas pemilu dari kalangan perempuan.

"Kita harus bekerjasama dengan Fatayat NU misalnya, Aisyiyah atau organisasi lain. Semua perempuan kita ajak serta untuk ikut mengawasi Pilkada 2020," ungkapnya di Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Gunawan mengungkapkan, sukses Pemilu 2019 juga melibatkan para perempuan tangguh yang turut ambil bagian menjadi pengawas pemilu. Dia nilai, peran tersebut merupakan bukti bakti srikandi pengawas pemilu kepada negeri.

Meski begitu, Gunawan menekankan, ada satu tantangan baru dalam menghadapi Pilkada 2020. Dia menyebut, bagaimana meningkatkan partisipasi kaum ibu dalam berdemokrasi.

"Mari kita gerakkan para kaukus-kaukus perempuan untuk ikut mengawasi pesta demokrasi Pilkada 2020," ajaknya.

Sementara Nihayatul Wafiroh yang hadir dalam acara menambahkan, kehadiran para perempuan mengawasi pemilu sangat penting. Menurutnya, kehadiran mereka tidak hanya untuk memenuhi kuota keterwakilan perempuan 30 persen dalam demokrasi.

"Kita ingin memberikan poin penting bahwa Anda terpilih sebagai pengawas pemilu. Anda harus menyadari, Anda perempuan dan mewakili kaum perempuan serta menyuarakan suara perempuan," paparnya.

Nihayatul berpesan ke Bawaslu agar memperhatikan kapasitas pembangunan pengawas perempuan. Bawaslu baginya harus melakukan 'update' kemampuan diri terutama di tingkat-tingkat paling bawah.

"Jadi saya minta anggaran khusus untuk capacity building terutama kawan-kawan perempuan agar nantinya bisa bekerja dengan maksimal lagi," pungkasnya.

Editor: Ranap THS

Sumber : Bawaslu RI

Tag
Berita