Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Semarang Berikan 10 Kategori Penghargaan Kepada Panwaslu Kecamatan se-Kota Semarang

Ketua Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman saat menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu pemenang penghargaan

SEMARANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang memberikan penghargaan kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Semarang. Penghargaan tersebut diberikan dalam Malam Penghargaan Bawaslu Kota Semarang untuk Panwaslu Kecamatan terbaik. Sebanyak 10 (sepuluh) kategori diberikan kepada Panwaslu Kecamatan oleh Bawaslu Kota Semarang sebagai wujud apresiasi terhadap kinerja Panwaslu Kecamatan se-Kota Semarang.

“Setelah dilakukan evaluasi kinerja pada Panwaslu Kecamatan di 16 (enam belas) kecamatan, malamnya kami adakan acara malam penghargaan sebagai wujud apresiasi terhadap kerja-kerja Panwaslu Kecamatan selama Pemilu 2024”, ujar Arief Rahman selaku Ketua Bawaslu Kota Semarang.

Arief menyampaikan bahwa selama kurang lebih 18 bulan Panwaslu Kecamatan telah menuntaskan tugasnya dalam mengawal Pemilu 2024. Dari catatan kerja kelembagaan selama Pemilu 2024,  akhirnya diputuskan sebanyak 10 (sepuluh) kategori yang diberikan. Penilaian disesuaikan dengan masing-masing kategori untuk menentukan kecamatan terbaik yang berhak menerima penghargaan.  

Kategori penghargaan yang diberikan Bawaslu Kota Semarang sesuai dengan tugas pokok fungsi Panwaslu Kecamatan dan sekretariat Panwaslu Kecamatan. Dengan adanya penghargaan tersebut harapannya bisa menjadi motivasi ke depan dalam melaksanakan tugas dan kerja-kerja kelembagaan.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Ketua, Anggota, serta Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Semarang di Hotel Griya Persada, 23 April 2024. Ada sebanyak 6 (enam) kecamatan yang menerima penghargaan. Panwaslu Kecamatan Tembalang menjadi Kecamatan yang meraih penghargaan terbanyak sejumlah 4 (empat) kategori secara langsung yaitu : Tata Kelola Kelembagaan SDM Terbaik, Pemberdayaan Pengawas Perempuan Terbanyak, Aktifitas Pencegahan Terbanyak, dan Penelusuran Informasi Awal atau Investigasi Terbaik.  

Antusias dan kegembiraan dalam mendapatkan penghargaan juga dirasakan oleh Kecamatan Mijen yang dinobatkan oleh Bawaslu Kota Semarang dalam kategori Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Terbanyak dan Pengawasan Tahapan Pencalonan Terbaik. Kategori lainnya diperoleh oleh Panwaslu Kecamatan Gayamsari sebagai Kecamatan dengan Laporan Keuangan dan Pengelolaan Anggaran Terbaik, Panwaslu Kecamatan Genuk sebagai Sosialisasi Produk Hukum Terbaik serta kategori Kreatifitas Design Layout diraih oleh Panwaslu Kecamatan Semarang Selatan.

Keriuhan acara malam penghargaan Bawaslu Kota Semarang untuk Panwaslu Kecamatan terbaik, ditutup dengan dibacakannya Panwaslu Kecamatan Banyumanik sebagai kecamatan terbaik dalam Kategori Pengawasan Kampanye dan Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

Penulis: Vika

Editor: Humas Bawaslu Kota Semarang

Foto: Humas Bawaslu Kota Semarang