Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Respon Adanya Isu ASN Pemkot Semarang Tak Netral

Deklarasi Netralitas ASN Pemerintah Kota Semarang

Semarang - Bawaslu Kota Semarang merespon adanya ketidaknetralan ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Rabu 31 Januari 2024.


Ketua Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman merespon adanya isu tidak netralnya 16 Camat dan 177 lurah di lingkungan Pemerintah Kota Semarang dalam kegiatan deklarasi netralitas ASN pada Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 yang dilaksanakan di lantai 8 gedung Moch Ihsan Pemkot Semarang.


"Sejak dimulainya masa kampanye hingga saat ini belum ada temuan ataupun laporan terkait tidak netralnya ASN di Kota Semarang dan harapan nya tetap terjaga hingga rampung tahapan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024,"ungkap Arief saat memberikan sambutan dihadapan ASN Pemkot Semarang.


Pada kesempatan tersebut Arief juga menyaksikan secara langsung prosesi penandatanganan pakta integritas netralitas ASN bersama dengan Walikota dan Sekda Kota Semarang serta pejabat di lingkungan Pemkot Semarang.


Sebelum melakukan penandatanganan Walikota Semarang Hevearita G Rahayu memimpin pembacaan deklarasi serta ditirukan oleh semua peserta yang hadir.


Selain itu Arief juga mengimbau dan mengajak para pihak yang mengetahui adanya ASN yang tidak netral untuk melaporkan ke Bawaslu Kota Semarang atau jajaran ditingkat Kecamatan dan Kelurahan.


"Sejauh ini kami sudah sosialisasi dan memperketat pencegahan serta pengawasan jikalau memang ada yang terbukti tidak netral laporkan saja ke Bawaslu maka akan kami tangani sesuai mekanisme ketentuan yang berlaku," tegas Arief.


Lebih lanjut Arief menjelaskan kewenangan Bawaslu dalam menegakan netralitas ASN adalah meneruskan pada kategori pelanggaran peraturan perundangan lain nya ke instansi yang berwenang. Arief juga mencontohkan ada beberapa kasus yang sudah terbukti dan hukumanya hingga pemberhentian tidak hormat bahkan menurunkan tunjangan yang didapat.


Pihaknya juga mengapresiasi jelang 14 hari pemungutan suara Pemkot Semarang memiliki inisiatif untuk memantapkan pentingnya netralitas para aparaturnya dengan mendeklarasikan seruan netralitas ASN.


"Saya sangat mengapresiasi, artinya ada perhatian serius dari Pemkot Semarang untuk mendukung Pemilu 2024 yang berintegritas dan berkualitas," ungkap Arief.


Sebagai tambahan informasi kegiatan ini juga menjadi kali kedua yang telah dilakukan oleh Pemkot setelah sebelumnya dilakukan pada pertengahan tahun 2023 di halaman Balaikota Semarang.

Penulis: Yusuf

Foto: Humas Bawaslu Kota Semarang

Editor: Humas Bawaslu Kota Semarang